Capturing

Aku sangat suka memfoto, walaupun sampai sekarang aku tidak pernah punya kamera bagus. Aku hanya punya sebuah kamera tustel yang masih memakai roll film, itu pun tidak pernah kupakai sejak aku beli pertama, aku tidak tahu apakah masih berfungsi atau tidak. Dan kamera smartphone Nokia Lumia 520, 5 megapixel.

Seingatku aku baru pertama kali memakai kamera tustel saat umurku 15 tahun, saat itu aku menjadi seksi dokumentasi dalam sebuah acara di sekolahku. Sejak kecil sebenarnya aku sudah sangat ingin sekali menggunakan kamera, tapi setiap kali aku ingin menyentuh saja, selalu saja tidak boleh oleh mereka yang punya kamera. Mungkin mereka pikir aku tidak akan bisa menggunakannya dan akan merusaknya. Aku menahan perasaan jengjelku selama bertahun-tahun hingga usiaku 15 tahun itu.

Sejak pertama kali itu, di setiap acara di sekolah, aku selalu menjadi panitia dan aku selalu memilih menjadi seksi dokumentasi. Hampir di setiap event aku selalu menjadi dokumenternya. Memang beberapa teman sering berkata kenapa aku selalu menjadi dokumentasi, jabatan tidak pernah naik-naik. Aku sama sekali tidak peduli dengan omongan mereka, karena aku sangat suka sekali memfoto.

Namun demikian, sampai sekarang aku bukanlah seorang fotografer. Aku hanya seseorang yang suka memfoto. Itu saja. Karya-karyaku aku kira tidak terlalu bagus, tidak pernah aku ikut sertakan dalam lomba apapun. It’s a hobby.

Leave a Reply

