Daerah agak Istimewa Yogyakarta

Dulu nama “Daerah Istimewa Yogyakarta” di Wikipedia bahasa Inggris sangat berantakan sekali, misal ada “Special District of Yogyakarta”, “Yogyakarta Special Province”, “Province of Yogyakarta” dan lain-lain…

Agak jengkel aku kemudian bergabung di Wikipedia untuk membetulkannya. Dan terinspirasi dari nama “Hong Kong Special Administrative Region” aku memutuskan untuk mengubah “Daerah Istimewa Yogyakarta” menjadi “Yogyakarta Special Administrative Region” dan usul itu diterima. Selama beberapa lama nama itu dipakai.

Kemudian aku berpikir, kalau pakai kata “Administrative” seolah Yogya adalah wilayah sendiri seperti Hongkong dan itu tidak sesuai dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian aku ganti menjadi lebih sederhana lagi “Yogyakarta Special Region”. Kupikir nama itu sudah pas sesuai grammar bahasa Inggris. Tapi entah siapa yang mengubahnya sekarang jadi “Special Region of Yogyakarta” karena aku kira itu tidak pas grammar-nya, tapi aku sedang malas membuka Wikipedia.

Leave a Reply

