Lost Fragment

Sangat sedikit sekali yang bisa diketahui dari Sultan HB VII, pernah aku mencoba mencari apa saja yang dilakukan oleh beliau, tapi hanya tertulis bahwa beliau adalah Sultan yang sangat kaya karena pada masanya dibangun banyak pabrik gula di Yogyakarta. Dan yang paling fenomenal adalah ketika beliau meletakan jabatannya sebagai Raja dan memilih untuk bertapa di Ambarukmo.

Tapi ada satu cerita tentang kearifan Kanjeng Suwargi VII yang saya dengar dari GBPH Prabukusuma, bahwa pada suatu ketika Raden Darwis (KH. Ahmad Dahlan) sebelum pergi ke Mekkah pernah punya keinginan untuk memberontak melawan Belanda.

Dengan bijaksana Sultan HB VII menasehati, untuk apa melawan Belanda, bukankah kalau kalah akan memakan banyak korban, sedangkan kalau menang, Belanda akan lebih mengerahkan banyak pasukan untuk menghancurkan Yogyakarta, seperti ketika perang Diponegoro, yang berakibat Yogyakarta kehilangan sebagian besar wilayahnya yang dirampas Belanda sebagai ganti rugi atas kebangkrutan Belanda.

Sultan Hamengku Buwono VII menasehati Raden Darwis untuk berjuang di bidang pendidikan dan agama, maka dikirimlah Raden Darwis ke Mekkah untuk memperdalam ilmu. Hal ini menunjukan bahwa perjuangan kadang tidak harus selalu dengan peperangan.

Saya sudah menonton film sang pencerah dan bagian ini tidak pernah ditampilkan, dan menurut saya ini sangat penting tapi malah ditutupi (atau pembuatan filmnya tidak paham???? Hahaha…)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s