Citizen Erased

Sudah menjadi hal biasa ketika seorang pakar menulis di kolom-kolom tertentu di media masa macam Koran. Walaupun sudah ada kolom Citizen Journalism. Tapi belum ada kolom untuk tukang becak, petani, pemulung, kaum duafa, orang tidak berpendidikan, tukang sapu kampus (dan ayam kampus tentunya 😀 ), dan lain semacamnya. Dan seandainya mereka masuk citizen journalism, ucapan mereka masih di-edit dan diarahan oleh jurnalis profesional.

Apa karena mereka dianggap tidak berkompeten sehingga mereka tidak mendapat ruang berbicara di tempat umum? Citizen journalism sendiri biasanya diisi orang yang masih merangkak jadi pakar, tapi belum dianggap terlalu pakar dan ahli.

Jika seorang terkenal, motivator, penulis kecil sampai agak besar, novelis, ustat, politikus, dll menulis di social media sepanjang dan sebanyak apapun, tidak ada yang menyebutnya alay dan atau lebay. Tapi jika ada kecoak seperti saya, maka akan disebut sok tahu, alay dan galauan.

Sebagai seorang yang tidak berkompeten di bidang apapun, saya merasa bebas untuk menulis apapun, tentang apapun tanpa takut akan dipidanakan ataupun diblokir. Satu-satunya bidang yang saya bisa adalah bidang ndobos; saya tidak akan menyebut dapat sumber darimana, karena sebagian saya karang-karang sendiri… (Yo ben too sak karepku. Nesu? Muleh…)

Kata “ndobos” ini begitu ampuh dan sakti, jika kebetulan tulisan saya benar, saya bisa agak merasa sombong dikit. Dan kalau salah kata “ndobos” bisa dijadikan dalih untuk menghindari tuntutan dan tuduhan. Ndobos sendiri artinya membual penuh kebohongan dan ada benarnya sedikit sekali. Sial betapa repotnya menerjemahkan kata ndobos ke dalam bahasa Indonesia.

Yah… Kadang tulisan saya terpaksa benar, terpaksa lucu-garing dan wagu, tapi pasti salah.

Leave a Reply

