Pemain Luar Pagar

Sial hari ini aku gagal lagi nonton anime kesukaan sejak jaman Soeharto yaitu Dragon Ball yang sekarang sudah sampai pada episode di mana Son Goku dan Tien Shinhan bertarung di turnamen bela diri sedunia (sedunia Dragon Ball maksud-nya) yang berlangsung di pulau Bali.

Episode-episode Dragon Ball beberapa hari ini menceritakan tentang pertarungan para petarung di turnamen bela diri sedunia dan juga merupakan pertemuan antara Son Goku dan Tien Shinhan. Son Goku memang makhluk yang aneh bin ajaib, bagaimana mungkin Son Goku selalu bisa menjadikan musuh-musuhnya sebagai teman? Tapi tulisan ini tidak akan membahas itu melainkan tentang turnamen bela diri itu.

Dalam pertarungan bela diri setiap peserta dibebaskan untuk menunjukan kemampuan bela dirinya sebebas-bebasnya tanpa aturan apapun. Peserta dianggap kalah hanya kalau menyerah, mati dan atau keluar dari arena pertarungan.

Ini dia bagian menariknya bila diambil sebuah apa gitu… dari sebuah arena pertarungan bahwa di dalam kehidupan sehari-hari pun seseorang itu bebas (liberal) untuk melakukan apapun tanpa ada paksaan, hambatan dan tekanan. Tapi kebebasan macam apapun pasti ada batasnya. Seorang liberal sejati pasti mengetahui kebebasan sejati adalah engkau sadar bahwa hakekat kebebasan adalah mengetahui batas arena pertarungan. Jika keluar dari arena pertarungan artinya out of game, dead, game over.

Seseorang itu bebas untuk bertindak apapun namun perlu empan papan bahasa Jawanya, atau dalam bahasa planet Mars artinya menempatkan sesuatu pada tempatnya.

Son Goku bebas melawan dengan cara apapun di pertarungan itu tapi ia tidak boleh keluar arena. Lakukanlah sesuatu sesuka hatimu tapi ingat jika kau keluar arena kau di-diskualifikasi dan tak dianggap, jangan melewati police line, ada ruang-ruang di mana kau tidak boleh masuk ke dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s