Gerhana

Intensitas cahaya matahari memang menurun ketika hari ini pagi tadi 9 Maret 2015 terjadi gerhana Matahari sebagian di Yogyakarta, walau saya tidak bisa melihat bagian matahari tertutup bulan. Saya sudah mencoba melihat memakai kaca mata hitam, kamera hp, kaca helm, dan hasilnya nihil sama sekali tidak terlihat. Benar-benar gagal paham, eh gagal melihat.

Ketika sinar matahari mulai meredub, saya merasakan suhu udara di sekitar menurun menjadi agak dingin, padahal sebelumnya dari pagi suhu terus naik seperti biasanya. Saya membayangkan seandainya kondisi ini terus terjadi sepanjang tahun, di mana posisi bulan selalu menutupi matahari setengahnya saja, matahari akan tetap terlihat bersinar tapi suhu di Bumi akan menurun drastis sehingga dapat mengurangi dampak pemanasan global, di sisi lain mungkin akan mengakibatkan zaman es baru, yang akan menjdi masalah tersendiri lagi setelah pemanasan global.

Haha… Hal seperti ini tidak mungkin terjadi, itu cuma bayangkan saya saja, kecuali kalau terjadi anomali konstelasi di mana ada dua bulan di Bumi, satu berada di orbit normal yang kita lihat setiap malam sedangkan bulan yang kedua berada di posisi menutupi matahari setengah.

Kita menyebutnya gerhana karena kita melihatnya dari Bumi. Kalau kita melihatnya dari ruang angkasa, tentu tidak ada yang namanya gerhana bulan dan matahari, yang terlihat hanya ada bulan lewat di depan planet Bumi yang sedang mengalami fase pagi hari, atau yang sedang terkena sinar matahari.

Hmm… Di depan Bumi atau di atas Bumi?! Ini hanya persoalan teknis saja. Di ruang angkasa hanya ada kanan dan kiri, selain itu tidak jelas; atas – bawah. Padahal kanan – kiri itu sesuatu yang sangat subjektif sekali. Apalagi arah mata angin: utara – selatan – timur – barat adalah sesuatu yang sangat kabur keberadaannya bahkan bisa dikatakan tidak ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s