Muse-sic

10927_original

Ketika masih sekolah STM  (saya bukan anak SMA) setidaknya setiap 1 atau2 bulan sekali saya membeli kaset karena sekolah saya dekat dengan toko CD dan Kaset. Saya mulai berhenti membeli kaset ketika radio-tape saya rusak dan saya mulai berpindah ke CD, tapi karena harga CD yang relatif lebih mahal, saya menjadi agak malas dan enggak niat beli. Pada saat itu memang sudah ada digital musik yang berformat Mp3 atau Mp4.

Seiring waktu dengan dua masalah di atas, dengan tidak terpaksa saya pun mulai mendengarkan musik secara gratisan dengan mendownload lagu-lagu secara ilegal. Saya tidak lagi membeli kaset atau CD. Sama sekali saya tidak peduli apakah itu dosa atau tidak, dan rasanya tidak perlu dilihat dari kacamata dosa dan pahala, karena mungkin terlalu aneh. Dan ini berlangsung bertahun-tahun hingga sekarang.

10723_original

Baru akhir-akhir ini saya mulai berpikir bahwa musik adalah sebuah karya seni, tidak seharusnya sebuah karya seni tidak dihargai dan diapresiasi. Saya melihat salah satu cara mengapresiasi karya seni musik adalah dengan membeli lagu originalnya, selain kualitas sound-nya lebih bagus, juga kita bisa men-support musisinya sebagai rasa terimakasih atas karyanya yang bisa kita nikmati. Sedangkan cara lainnya untuk mengapresiasi seni musik adalah dengan nonton konsernya langsung dengan tidak memanjat pohon (memanjat pohon?! Jadul banget!)

Sekarang orang suka mendengarkan musik digital, tapi pelayanan musik digital tidak dimaksimalkan buat mereka yang tidak punya kartu kredit. Lha mending cari download gratisan daripada memaksakan diri buat kartu kredit, yang sebagian besar orang tidak punya, termasuk saya.

Mereka menganjurkan untuk membeli lagu digital original, tapi pembeli tidak dipermudah cara membelinya.

10596_original

Spotify sudah tersedia di Indonesia. Tapi untuk berlangganan harus membeli dengan kartu kredit. Lha mbok potong pulsa saja, seperti membeli applikasi di Playstore, wes saya yakin banyak yang berlangganan.

Ada alternative lain buat pengguna Android yaitu Google Music tapi Google Music tidak tersedia di Indonesia, tentu saya tidak akan mendengarkan lagu secara gratisan kalau Google Music tersedia dan mudah cara pembayarannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s