Google

 

nexus-5-35828372-6361
http://www.cnet.com/products/google-nexus-5/

Di salah satu artikel Hibwee, saya mengomentari tentang usulan ICMI kepada Pengelola (maksud saya Pemerintah, tapi saya tidak suka kata ‘Pemerintah’ maka saya ganti ‘Pengelola Negara’). Tentang usulan pemblokiran Google. Komentar saya sama seperti status saya kemarin malam di Fesbuk ini: “Memblokir Google sama saja dengan memblokir Operating System Android yang tertanam di hampir setiap smartphone.”

Kemudian ada yang komentar, yang diblokir itu cuma Google search engine, bro, bukan operating system. Saya cuma menjawab singkat saja, default search engine di Android adalah Google. Malas menjawab panjang untuk menghindari perdebatan pengecut di dunia maya.

Sebenarnya saya bisa saja menjawab seperti ini. Bagaimana mungkin pemerintah -eh maksud saya pengelola- mau memblokir Google, sementara Google itu memuat PlayStore yang merupakan gudangnya segala macam aplikasi yang digunakan untuk OS Android? Google memuat Gmail, Drive, Maps, Documents, Blog dan lain sebagainya. Jika Anda membuka Google dot com tentu saja tidak hanya search engine yang muncul kan? Di pojok kanan atas itu ada kotak-kotak kecil yang memuat layanan Google yang lain.

***

Di dunia gadget (Mobile OS) terdapat banyak OS (Operating System), yang paling umum dikenal adalah iOS, Windows Mobile, Blackberry dan Android.

Android adalah Operating System (OS) yang digunakan oleh sebagian besar smartphone, Android bukan lah smartphone atau hp itu sendiri. Android dikembangkan oleh Google dan Google memberikan OSnya kepada pembuat-pembuat smartphone seperti Samsung, Sony, HTC, Asus dan merek lainnya. Kemudian pembuat smartphone memodifikasi OS itu sesuai kebutuhan masing-masing merek.

Pure Android tanpa modifikasi dibuat oleh merek Nexus. Nexus adalah merek smartphone yang dibuat Google bekerja sama dengan beberapa manufactures.

Nexus One oleh Google & HTC; Nexus S oleh Google & Samsung; Galaxy Nexus oleh Google & Samsung; Nexus 4 oleh Google & LG; Nexus 5 oleh Google & LG; Nexus 6 oleh Google & Motorola; Nexus 5X oleh Google & LG; Nexus 6P oleh Google & Huawei.

Agak lucu juga ketika orang pergi ke toko hp mau beli Android. Karena Andorid bukan hp itu sendiri. Seperti zaman dulu ketika orang-orang desa melihat sepeda motor dan mereka menyebutnya Honda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s