Demografi

Sudah dua tahun berlalu sejak Pemilihan Umum. Saya tidak bermaksud untuk memicu pertengkaran apalagi memicu isu SARA. Saya hanya ingin melihat keadaan ini dari sisi demografi.

Hingga saat ini para simpatisan kedua kubu ketika pemilu masih sangat kuat sekali. Sebenarnya ada 4 kubu. Kubu Jokowi, kubu Prabowo, kubu Golput X, dan kubu Golput Y.

Golput X adalah golput masa bodoh dengan Indonesia dan Golput Y adalah golput yang merasa bahwa demokrasi di Indonesia adalah sebuah kegagalan sehingga memilih berarti mendukung nilai-nilai kehancuran.

Melihat dari sisi kegemaran merokok berdasarkan data statistik , umumnya penggemar Jokowi dan Golput X adalah golongan masyarakat yang menentang rokok kretek SKT (Sigaret Kretek Tangan). Seandainya ada yang merokok, mereka memilih rokok SPM (Sigaret Putih Mesin).

Sedangkan para penggemar Prabowo dan Golput Y, umumnya adalah mereka yang tidak ada masalah dengan rokok. Bahasa gaulnya woles-woles saja, merokok silahkan, tidak merokok silahkan. Seandainya ada yang merokok, mereka memilih SKT (Sigaret Kretek Tangan) atau SKM (Sigaret Kretek Mesin).

Penulis jelas SKT dan Golput Y.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s