Puasa

Salah satu hikmah puasa hanya dari Subuh hingga Maghrib adalah agar energi yang tersimpan di dalam diri manusia tidak keluar dan merusak tatanan kerasionalan hidup.

Sebagaimana diketahui orang yang berpuasa tanpa berbuka, secara alami energi ruh di dalam dirinya akan meronta ingin keluar.

Markesot pernah menuturkan, orang berpuasa full tanpa berbuka lebih dari tiga hari, maka dinding dinding pembatas lahirilah manusia akan retak, Matanya akan melihat sesuatu yang lain, kekuatan pendengarannya akan meningkat dan berbagai keretakan lainnya. Ini berbahaya khususnya bagi orang-orang yang hatinya tidak siap untuk mengetahui apa yang selama ini tersembunyi.

Dalam khazanah Jawa, untuk mengeluarkan potensi kekuatan diri, orang melakukan berbagai tirakat berat, termasuk berpuasa selama 40 hari tanpa makan minum sama sekali.

Jasad adalah penjara kurungan bagi ruh. Ketika jasad melemah, maka ruh akan meronta-ronta ingin keluar dari penjara jasad. Untuk mengolah potensi ruh, harus dilakukan tirakat di bawah bimbingan seorang Guru Spiritual, yang memiliki ikatan batin ke atas hingga Kanjeng Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam, yang kemudian akan bermuara ke Malaikat Jibril dan di atas itu semua adalah Allah Maha Bijaksana.

***
Ya ampun, seperti sudah mengalami saja saya ini, padahal ini tulisan cuma sok-sok an tahu saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s