Nature_2

Saat usia saya sekitar 5 tahun, saya ingat saya pernah bertanya-tanya sendiri. Kehidupan sekarang ini adalah yang pertama atau pernah ada alam semesta di rentang waktu yang berbeda lalu kiamat, kita menerima rapor hasil penilaian. Kemudian semua penciptaan dan kehancuran diulang lagi.

Selama bertahun-tahun tidak pernah ada jawaban, sampai saya lupa dengan pertanyaan saya sendiri.
Hingga akhir-akhir ini tiba-tiba ada jawaban atas pertanyaan tersebut. Jawabannya tidak mutlak benar, karena si pemberi jawaban mewanti-wanti bahwa apa yang ia sampaikan belum tentu benar. Kebenaran sejati hanya milik Tuhan, kata dia, manusia dinamis memiliki potensi benar dan salah.

Merenungkannya.

Titik awal sekaligus titik akhir. Pukul 00.00 adalah awal hari tapi juga sekaligus akhir hari karena pukul 24.00 adalah 00.00. Sehingga sebenarnya mungkin hakikatnya tak ada awal dan tak ada akhir. Waktu hanya berputar saja.
Mungkin kita pernah hidup di rentan waktu yang bukan masa lalu, masa depan atau masa sekarang. Mungkin kita pernah hidup di Bumi yang sama tapi bukan ini.

Tuhan menciptakan alam semesta dalam enam hari. Mungkin sekarang sebenarnya kita masih berada di rentang waktu enam hari itu. Mungkin sekarang adalah hari ke empat, atau kelima. Kita berharapnya sih masih hari kedua. Ben iseh suwé le kiamat. Haha…

Setelah enam hari ini berakhir suatu hari nanti. Di hari ke tujuh, kita akan memperoleh rapot, entah Surga atau Neraka atau cukup di emperan Surga saja.

Begitu hari ke enam selesai plus 1 hari ketujuh, mungkin (lagi) akan ada enam hari berikutnya. Semua diulang dari hari pertama sampai hari ke enam. Terus hidup lagi ketemu Indonesia lagi… Ribut Pilpres lagi, bertengkar milih Cagub lagi. Hah… Ketemu Cah gentho-gentho maneh. Weruh rupamu meneh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s